Relasi Filsafat dan Ungkapan “Adakah Acara Malam Ini ?”

Oleh: Ikhlasy Anugrah Marhami.

Pertanyaan “adakah acara malang ini ?” merupakan suatu fenomena tersendiri yang sedang terjadi dalam masyarakat kota Makassar. Kalaupun awalnya hanya merupakan ungkapan yg sepele dan lelucon semata namun mengandung makna yg mendalam.

Pernyataan ini adalah ungkapan  untuk menggambarkan serta mengekspresikan rasa kesunyian dan kesendirian yg diungkapkan melalui sebuah pertanyaan.

Lalu apa relasi antara ungkapan tersebut dengan filsafat?. Jika dilihat sepintas tentulah tidak punya hubungan sama sekali, namun jika kita melihat dari sejarah awal filsafat, maka kita akan menemukan relasinya.

Filsafat merupakan suatu proses perenungan terus menerus untuk mendapatkan suatu kebenaran atas sesuatu. Sebagaimana halnya Thales yg terus menerus merenungkan asal usul terbentuknya alam semesta, sampai mencapai suatu kesimpulan bahwa segala sesuatu di dunia ini berasal dari air.

Seperti yg dijelaskan sebelumnya bahwa ungkapan “adakah acara malang ini?” Adalah ekspresi kesendirian dan kesunyian. Maka jika ekspresi tersebut diarahkan kepada hal yang benar, dalam hal ini filsafat, maka ekspresi ini akan menuju titik perenungan yg mengantar kita kedalam dunia filsafat.

Karena filsafat adalah proses perenungan terus menerus dengan cara mempertanyakan yg ada dan mungkin ada. Maka perenungan yg maksimal harus dalam keadaan yg sunyi atau menyendiri. Maka perasaan sendiri dan kesunyian ini harus dikelola dengan baik, yakni dengan cara mengarahkannya pada filsafat.

Karena hanya dengan perenungan terus menerus, melalui kondisi pikiran yg jernih yg hanya dapat di wujudkan  dalam kesunyian, untuk mencapai titik puncak akan kesimpulan tentang sesuatu secara sempurna

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s