I, Robot (2004)

 

oleh :

FITRI HARDIANTY DJASMAN.R.B

rip-blu-ray-i-robot-101119.jpg

Film I Robot menceritakan di suatu kota di Chicago, film ini mengisahkan kondisi Chicago di tahun 2035. Pemeran utama yaitu Spooner yang diperankan oleh Will Smith, Spooner adalah seorang detektif di Chicago. Dikisahkan bahwa tahun 2035 itu kehidupan manusia sudah bergantung pada robot-robot canggih,peran manusia digantikan oleh robot-robot tersebut seperti pembantu rumah tangga, pengangkat barang,asisten pribadi,dll. Bahkan dibuat hukum yang mengatur tentang robot yang terdiri atas 3 Hukum.

Si detektif ini yaitu Spooner berpendapat bahwa robot itu tidak ada gunanya. Alasan Spooner berpendapat seperti itu dikarenakan ,pada suatu waktu terjadi sebuah kecelakaan yang dialami oleh Spooner dan seorang anak gadis, namun pada saat sebuah robot ingin menyelamatkan robot tidak menyelamatkan nyawa sang gadis,malah menyelamatkan Spooner. Robot melakukan itu karena robot telah diprogram dengan kepintaran tersendiri hingga mampu mendeteksi berapa persen tingkat manusia mampu bertahan hidup dalam kondisi kritis.

Pada suatu hari Dr. Alfred Lanning yang merupakan sang pembuat robot-robot canggih ditemukan mati bunuh diri di tempat kerjanya. Di tempat kejadian tersebut Spooner menemukan sebuah benda yang berisi sebuah petunjuk tentang kematian Dr.Alfred Lanning. Benda tersebut dapat memunculkan bayangan orang yang telah mati dan seolah-olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas. Spooner mencurigai bahwa kematian Dr.Alfred Lanning tersebut bukan mati karena bunuh diri tetapi ada seorang pelaku yang sengaja membunuh Dr. Alfred Lanning. Saat memeriksa ruangannya dan tempat Dr. Alfred Lanning meloncat bunuh diri, Spooner banyak menemukan keganjalan dari kematian Dr. Alfred Lanning. Spooner juga menemukan sebuah robot yang bersembunyi dan Spooner berusaha menangkapnya, tetapi robot tersebut malah melawan dan melarikan diri. Spooner mencurigai pelakunya adalah robot tersebut.

Jalan panjang untuk membuktikannya harus ditempuh dan sayangnya, sedikit yang percaya dengan apa yang diyakini Spooner. Yang di khawatirkan Spooner bahwa para robot punya peluang untuk melakukan tindakan kriminal dan tidak bisa dijerat hukum, berarti dunia terancam akan dikuasai oleh para robot ini. Saat melakukan pencarian robot, Spooner dibantu seorang wanita yang bekerja sebagai psikologi robot yang bernama Dr. Calvin.

i-robot-3d-05

Saat di ruang introgasi, robot tersebut diintrogasi oleh Spooner, Robot tersebut bernama Sonny. Ternyata robot satu ini diciptakan berbeda dari robot yang lainnya, Robot satu ini memiliki perasaan dan bisa bermimpi. Sang robot Sonny menceritakan bahwa sang penciptanya yaitu Dr. Alfred Lanning menyimpan rahasia dalam mimpinya. Sonny pun menggambarkan bagaimana mimpi yang dialami Sonny. dengan petunjuk itu Spooner menuju tempat yang digambarkan Sonny, ditempat itu Spooner menemukan tempat penyimpanan robot lama atau NS 4 yang ditinggal di dalam kontener-kontener besar, tanpa sengaja Spooner melihat pertarungan antara robot lama dengan robot baru, robot baru pun mengejar Spooner tetapi Spooner dibantu oleh robot lama dan terjadi pertarungan antara robot baru NS 5 dan manusia.

Dengan bantuan Dr.Calvin, Spooner pergi ke gedung tempat pembuatan robot-robot tersebut untuk mematikan alat pengendali robot-robot tersebut dan disitu Robert biang keladi dari masalah tersebut ditemukan tewas, dan tak lain pembunuhnya adalah robot-robot tersebut.

Dengan kecanggihan dan kepintaran dari teknologi VIKI itu telah mengubah robot berevolusi. Disaat robot lain akan membunuh Spooner dan Dr.Calvin yang tentu atas perintah VIKI. Disini robot Sonny membantu Spooner dan Dr.Calvin menjalankan aksinya untuk menonaktifkan program VIKI.

Akhirnya mereka pun pun bekerjasama, Spooner dan Dr.Calvin pergi ke ruangan sever VIKI sedangkan Sonny bertugas untuk mengambil cairan kimia yang akan menghapus memori otak VIKI. Setelah mengambil cairan tesebut akhirnya Sonny sampai sampai juga di ruang server VIKI, tapi ternyata mereka telah dihadang robot-robot lainnya. Saat Dr.Calvin terjatuh dan membutuhkan pertolongan, Spooner menyuruh Sonny untuk menolongnya. Sonny awalnya bimbang apakah harus menolong Dr.Calvin atau menyuntikkan cairan tesebut ke tubuh VIKI, akhirnya Sonny membuang cairan tersebut kepada Spooner. Dengan segera Spooner menyuntikkan cairan tersebut ke tubuh VIKI dan VIKI meledak, robot NS 5 yang berevolusi kembali seperti semula.

tumblr_inline_o5li3ef4e11rq4f30_500.gif

Film I Robot menggambarkan begitu canggihnya peradaban di tahun 2035, dimana robot yang hanya berisi rangkaian hardware yang dibentuk mirip tubuh manusia dan diprogram agar dapat menyerupai fungsi pada manusia. Interaksi antara manusia dengan robot sudah tidak ada lagi batasan sebagaimana sebuah hubungan antara makhluk hidup dan benda mati yang lazimnya tidak mungkin untuk saling berinteraksi, bahkan robot tersebut mempuyai perasaan seperti manusia juga.

Dalam film I Robot, hidup manusia seakan-akan lebih mudah karena peradaban tinggi melahirkan teknologi tinggi , cloning, rekayasa genetika, dan teknologi informatika. Secara perlahan tetapi pasti, para manusia milenium itu terlena dengan segala kemudahan hidup,budaya konsumsi yang serba instan membuat mereka lupa bahwa hidup yang mereka hadapi mulai kabur dan tenggelam dalam realitas semu.

Dengan kehadiran robot manusia memiliki persepsi bahwa semuanya dapat dilakukan oleh sebuah mesin, bahkan pekerjaan yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia itu sendiri karena keterbatasan dalam segi fisik manusia maka manusia cenderung membebankan semua pekerjaan pada mesin. Bagi sebagian pihak ,keadaan ini sangat menguntungkan dalam segi bisnis, karena semua manusia rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah robot agar pekerjaannya dapat teratasi hanya dengan sebuh mesin. Tentu uang yang dikeluarkan berbanding lurus dengan robot yang dibuat,tentunya robot itu nyaris mendekati sempurna.

Namun sebagai manusia yang bijak kita tidak boleh terlalu membebankan semua pekerjaan yang ada kepada mesin, ada bagian dimana mesin tidak dpat mengerjakan sesuatu. Secanggih apapun teknologi dan sistem yang dibuat tidak akan lepas dari berbagai macam kesalahan dan kegagalan.

*Penulis adalah mahasiswa sosiologi 2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s